Setelah dilantik pada bulan Novemver 2011 sebagai Ketua Pengadilan Agama (PA) Dumai, ibu Dra. Hj. Husni Rasyid S.H., M.H  yang didampingi oleh wakil Panitera PA Dumai Ibu Nursima, S.HI berkesempatan melakukan silaturrahmi ke Mahkamag Agung dan Badilag pada tanggal 22 sampai dengan 24 Mei 2012.

Disamping melakukan silaturrahmi kebeberapa pejabat Mahkamah Agung dan Badilag antara lain bapak dirjen Badilag, Bapak Wahyu Diana, Bapak Purwo Susilo dan Ka BUA Mahkamah Agung RI, juga meninjau secara langsung Laboratorium SIADPA Plus  yang merupakan Laboratorium satu-satunya di dunia, hanya Peradilan Agama yang mempunyai Laboraturium ini.  Di Laboraturium SIADPA/SIADPA Plus ini Ketua PA Dumai bersama Wakil Panitera  mendengarkan penjelasan secara langsung dari Bapak Irwansyah Sebagai Kasi I Ketua Tim Nas SIADPA Badilag dan Bapak Tohir Kasi I sebagai Anggota tentang operasionalnya laboratorium tersebut. Ternyata dari laboratorium tersebut dapat diketahui secara online keadaan perkara yang ada diseluruh PA se Indonesia karena Laboraturium SIADPA ini terhubung dengan seluruh Pengadilan di lingkungan Peradilan Agama di Indonesia. Data Perkara dari Satker-satker di daerah dapat otomatis masuk ke Laboratorium SIADPA tanpa perlu di kirim lewat surat, sehingga dapat diketahui mana PA yang telah menggunakan fasilitas SIADPA dan mana PA yang belum menggunakan. Alhamdulillah Siadpa Plus PA Dumai termasuk salah satu PA di Indonesia yang telah memenfaatkan fasilitas SIADPA Plus dalam mengelola perkaranya.

Setelah menyaksikan laboratorium yang spektakuler tersebut, Ketua PA Dumai menemui Ka BUA Mahkamah Agung untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pengusulan PA Dumai dari kelas II menjadi kelas I B.

Untuk diketahui bahwa pada tahun 2010 PA Duami telah diusulkan menjadi PA kelas IB akan tetapi belum berhasil karena sesuatu yang tidak jelas, padahal semua persyaratan telah terpenuhi terutama tentang perkara dimana PA DUMAI menerima perkara rata-rata 900 perkara pertahun. Alhamdulillah setelah mendengar penjelasan dari Ka BUA secara langsung alasannya dapat diterima mengapa belum dikabulkan dan untuk priode ini alhamdulillah PA Dumai termasuk dari beberapa PA yang diusulkan menjadi PA kelas IB.(Tim IT PA Dumai)

{jcomments on}