oleh : Drs. Zulkifli Utan

Dumai I pa-dumai.go.id

Pengadilan Agama (PA) Dumai kembalai berusaha berbenah diri dalam rangka memantapka peneratpan sistem SIADPA di lingkungan PA Dumai. Pembenahan ini dimaksudkan dalam upaya meningkatkan kinerja, sehingga tugas pokok dan fungsi (tupoksi) peradilan dapat berjalan sevara baik. Dengan demikian diharapkan kedepannya PA Dumai akan dapat memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat pecari keadilan.

Dalam memantapkan penerapan sistem SIADPA pada tanggal 31 Mei 2012 bertempat di Ruang Sidang PA Dumai yang dipimpin langsung oleh Tim SIADPA yakni Wakil Ketua Drs. H. Asrori, S.H., M.h dan didampingi oleh Panitera/Sekretaris (Pansek) Drs. Zulkifli yang baru saja aktif bertugas di PA Dumai selama 2 Minggu dan Tutor SIADPA Massahudin S.HI, dengan dihadiri oleh para Panitera Pengganti dan Jurusita serta pegawai yang berkompeten.

Pertemuan yang berlangsung akrab dan cukup bersemangat, sesekali dibumbui banyolan-banyolan Panitera yang baru yang membuat suasana rapat terasa hidup. Pertemuan diawali dengan pengarahan dari Drs. H. Asrori S.H.,M.H selaku ketua Tim SIADPA, dalam pengarahannya Ketua tim menyampaikan harapan - harapannya agar penerapan SIADPA betul-betul dapt dilaksanakan, sehingga tugas-tugas di Kepaniteraan dapat diselesaikan secara baik dan tepat waktu. Dengan begitu PA DUmai dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Selanjutnya beliau berpesan kalau selama ini ada hambatan dan kendala yang dirasakan tolong disampaikan dalam pertemuan ini sehingga kita dapat memberi solusinya secara bersama-sama.

Sementara Koordinator SIADPA PA Dumai bapak Massahudin, S.HI menyampaikan arahan-arahan tentang SIADPA secara lengkap dan sistematik dan beliau berpesan agar peserta rapat jangan cepat bosan dan menyerah apabila ada kendala uang dihadapi dalam menerapkan sistem SIADPA, secara filosofi beliau katakan "Teknologi diciptakan untuk membantu kita mempermudah pekerjaan, maka manfaatkanlah teknologi itu secara baik, belajarlah terus menerus untuk menguasai Teknologi Informasi (TI) karena manfaatnya akan dirasakan sendiri" Tegas beliau.

Setelah selesai bapak Massahudin, S.HI menyampaikan hal-hal yang penting dengan SIADPA selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab dengan peserta rapat, yang pada intinya peserta rapat tetap bersemangat terhadapIT tersebut, namun ada masukkan dan keluhan-keluhan dari peserta rapat, yang mana masih ada sebagian pegawai yang perlu pembenahan lebih lanjut tentang tehnis operasional SIADPA dan juga sarana dan prasarana yang masih kurang.

Dengan saran yang belum memadai, maka ketua tim SIADPA akan berusaha membenahi yang masih kurang dalam penerapan sistem SIADPA. Sehingga SIADPA dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dan beliau juga menyampaikan pelatihan SIADPA akan di lanjutkan dimasa datang agar seluruh Hakim dan Pegawai dapat memahami dan mengoperasikan SIADPA.

Bapak Massahudin, S.HI sebagai koordinator SIADPA menyampaikan komitmennya akan berusaha membantu membuat format yang diinginkan peserta rapat, sehingga kendala yang selama ini dialami dapat terselesaikan, menyangkut pelatihan tehnis akan diatur waktu yang tepat untuk pelaksanaannya.

Diakhir pertemuan Pansek juga menyampaikan komitmen bahwa IT PA Dumai terus dikembangkan dan menguasai IT adalah harga mati bagi warga peradilan dan beliau tetap optimis terhadap SIADPA PA Dumai kemudian beliau juga tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada koordinator SIADPa, selaku tenaga tehnis yang telah bersedia bersusah payah menularkan ilmunya kepad pegawai sekaligus membantu mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan SIADPA. (Tim IT PA Dumai)

{jcomments on}