JURUSITA PENGGANTI JUGA (HARUS) MELEK SIADPA PLUS

DDTK Siadpa Plus untuk Jurusita Pengganti di PA Bengkalis

Bengkalis || pa-bengkalis.go.id

DDTK (Diklat Di Tempat Kerja) PA Bengkalis kali ini sangat berbeda. Tidak seperti lazimnya DDTK yang dilaksanakan secara menyeluruh, bagi semua lini, namun hari Rabu tanggal 06/06/2012, Supervisor TI PA Bengkalis yang juga seorang Hakim (Dadi Aryandi, S.Ag) berbicara di hadapan kalangan tertentu, para Jurusita Pengganti (JSP). Mereka didorong untuk mengoptimalisasi Siadpa Plus, khusus dalam hal relaas panggilan dengan segala permasalahannya. Termasuk panggilan terhadap pihak yang ghaib melalui media massa atau Radio Pemda (RPD), maupun panggilan ke wilayah Kabupaten Siak untuk sidang keliling.

Diakui, sementara ini belum semua JSP memanfaatkan Aplikasi Siadpa Plus untuk keperluan mereka. Karenanya, 5 orang JSP PA Bengkalis yang masing-masing bernama Darsono, S.PdI, MH, Yusuf, S.Ag.,MH, Hardi Susanto, A.Md, Idham Khalid, dan Zuhrini mengaku gembira dengan DDTK ini, oleh karena di samping mendapatkan ilmu dari Supervisor, juga sekaligus praktek mengoperasikan Siadpa Plus untuk panggilan pertama, panggilan ghaib, pemberitahuan amar putusan, dan lain sebagainya.

Beberapa JSP mengoperasikan Siadpa Plus dibimbing Dadi Aryandi, S.Ag, (kanan) didampingi Ketua PA (kiri)

Dadi menjelaskan, bahwa aplikasi Siadpa Plus ini sangat membantu kerja para JSP. Dengan hanya mengetik nomor perkara dan jenis panggilan yang diperlukan, dokumen dimaksud sudah tersaji dan siap dicetak. Sebagai timbal balik, penggunaan Siadpa Plus oleh para JSP juga dapat diketahui kualitas kinerja lini lainnya. Kesalahan input data identitas pihak dan jenis perkara yang merupakan tanggung jawab Meja-1, kesalahan tanggal penundaan sidang yang di-input Meja-2 serta tanggal dan amar putusan yang di-input Meja-3, dapat diketahui pada saat para JSP ini menggunakan Siadpa Plus. Oleh karena itu, kerjasama dan komunikasi yang baik dan efektif menjadi kunci kesuksesan aplikasi ini.

Menjelang sore, kegiatan ini ditutup dengan pesan KPA Bengkalis, bahwa apa-apa yang diperjuangkan dengan kerja keras dan ikhlas, tentunya akan memperoleh hasil optimal. Serta optimisme bahwa penggunaan aplikasi Siadpa Plus ini bisa lebih optimal di semua lini. Dengan harapan PA Bengkalis dapat meraih kesuksesan dalam penilaian website dan Siadpa Plus dalam bulan Juni-Juli 2012 yang direncanakan PTA Pekanbaru dan Badilag.

Terakhir, KPA Bengkalis menginstruksikan bahwa lanjutan DDTK serupa berikutnya diperuntukkan bagi Panitera Pengganti (PP) dan Hakim. (Tim Redaksi)

{jcomments on}