Ditulis oleh Arman

Usai melaksanakan persidangan, pagi ini (7/6/2012), Pengadilan Agama Rengat mengadakan serangkaian acara seremonial penting, yaitu pelantikan pejabat Panitera/Sekretaris PA Rengat yang baru serta peresmian Mushalla al-Mizan. 

Acara dimulai dengan pelantikan Drs. Abdul Hamid sebagai Panitera /Sekretaris menggantikan Drs. Bulgani yang dimutasikan ke Pengadilan Agama Tembilahan. Untuk diketahui, Drs. Abdul Hamid sebelum menjabat sebagai Panitera Sekretaris di Pengadilan Agama Tembilahan. Jadi, kedua Pansek ini saling bertukar tempat. Tepat pukul 11:00 WIB, acara dimulai.

Istimewanya, pelantikan Panitera kali ini dihadiri langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Drs. H. Mahyiddin Usman, SH., MA. Beberapa pejabat dan undangan yang hadir dalam acara ini antara lain: Drs. Moh. Nor, MH (Ketua PA Tembilahan), Idham Muhammad, S.Sos (Camat Rengat Barat), Yohan Fauzi Yulises, S.Ag, MH (Wakil Sekretaris PTA Pekanbaru), Drs. Saridah, MH (Wakil Sekretaris PA Tembilahan) dan beberapa pejabat lainnya.

Drs. Abdul Hamid dilantik sebagai Panitera/Sekretaris oleh Ketua PA Rengat

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Qur'an oleh A. Mahfudin, S.Ag., MH (Hakim PA Rengat), kemudian dilanjutkan dengan seremoi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan. Dengan khidmat, Drs. Abd. Hamid mengucapkan sumpah jabatannya di depan Ketua PA Rengat dan disaksikan oleh para saksi dan segenap hadiri. 

Dalam sambutannya, Ketua PA Rengat Drs. Efrizal, SH., MH mengucapkan selamat kepada pejabat yang yang baru dilantik. Tak lupa, beliau juga menyampaikan rasa bangga yang tak terhingga atas kehadiran ketua PTA Pekanbaru yang membuat acara pelantikan menjadi begitu istimewa. 

Melalui sambutan itu, Ketua PA Rengat mengingatkan bahwa jabatan Panitera merupakan jabatan strategis yang harus diemban dengan baik. Sebagai salah satu unsur pimpinan dalam lembaga peradilan, Panitera diharapkan mampu memimpin institusi yudikatif dengan baik bersama pimpinan lainnya, yaitu Ketua dan Wakil Ketua. Drs. Efrizal, SH., MH menyatakan bahwa ketiga unsur pimpinan ini (Ketua, Wakil Ketua, Panitera) diibaratkan sebagai 'tiga tungku sejarangan' atau 'tali bapilin tigo' yang dikenal dalam adat. Kuat dan lemahnya institusi, berhasil atau tidaknya istitusi, semua ditentukan oleh kepemimpinan tiga komponen leadership ini.

Seusai pelantikan, acara dilanjutkan dengan peresmian Mushalla al-Mizan di Kompleks Pengadilan Agama Rengat. Acara diawali dengan penyampaian laporan Ketua Panitia Pembangunan Mushalla, A Mahfudin, S.Ag., MH. Dalam laporannya, beliau menyatakan bahwa pembangunan Mushallah telah menghabiskan dana sekitar 100.014.000,- (seratus juta empat belas ribu rupiah). Sebagian besar dana didapat dari sumbangan hakim dan pegawai PA Rengat melalui potongan gaji dan remunerasi. Dana lain diperoleh dari sumbangan mantan hakim dan pegawai PA Rengat yang bertugasi di daerah lain, ada juga sumbangan dari Pemerintah Daerah Indragiri Hulu dan juga sumbangan dari beberapa perusahaan dan masyarakat.

Ketua PTA Pekanbaru menggunting pita sebagai peresmian Mushalla al-Mizan PA Rengat

Dalam sambutannya, Ketua PTA Pekanbaru menyatakan kekagumannya atas kekompakan aparatur di PA Rengat sehingga berhasil membangun sebuah Mushalla yang bagus dari biaya swadana. Beliau mengajak semoga langkah PA Rengat ini ditiru oleh Pengadilan Agama lainnya di wilayah Riau. Tak lupa, dalam kesempatan itu, Ketua PTA Pekanbaru langsung memberikan sumbangan dana untuk kelanjutan pembangunan Mushalla al-Mizan ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian Mushalla oleh Ketua PTA Pekanbaru, lalu dilanjutkan dengan acara makan bersama. Untuk diketahui, dalam rangka peresmian ini, panitia pembangunan menyembelih seekor kambing untuk disantap bersama dalam acara ini.

Makan bersama seusai acara

{jcomments on}