Tujuh program prioritas pembaruan peradilan agama : penyelesaian perkara, manajemen SDM, pengelolaan website, pelayanan publik dan meja informasi, implementasi SIADPA, pengawasan dan “justice for all” | 8 Area Perubahan Dalam Pelaksanaan Reformasi Birokrasi : 1. Pola Pikir dan Budaya Kerja, 2. Penataan Peraturan Perundang-undangan, 3. Penataan dan Penguatan Organisasi, 4. Penataan Tatalaksana, 5. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, 6. Penguatan Pengawasan, 7. Penguatan Akuntabilitas Kinerja, 8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

KETUA

PANITERA

VALIDASI AMAR PUTUSAN PA

BMN



PENGADAAN BARANG & JASA

JUMLAH PENGUNJUNG
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini214
mod_vvisit_counterKemarin593
mod_vvisit_counterMinggu Ini214
mod_vvisit_counterMinggu Lalu3323
mod_vvisit_counterBulan Ini5996
mod_vvisit_counterBulan Lalu15222
mod_vvisit_counterTotal467239

Online (20 minutes ago): 9
Your IP: 54.167.46.29
,
Now is: 2016-02-14 08:30


                    

postheadericon Galeri Foto PTA Pekanbaru

postheadericon :: Fokus ::

postheadericon :: Seputar PTA Pekanbaru::

 

postheadericon Grafik Penerimaan Perkara Banding Tahun 2014

Daftar Alamat Email PTA Pekanbaru 

NO

BAGIAN

EM@IL

  1.

  INFORMASI KANTOR

  info@pta-pekanbaru.go.id

  2.

  UMUM

  umum@pta-pekanbaru.go.id

  3.

  KEPEGAWAIAN

  kepegawaian@pta-pekanbaru.go.id

  4.

  KEUANGAN

  keuangan@pta-pekanbaru.go.id

  5.

  KEPANITERAAN

  kepaniteraan@pta-pekanbaru.go.id

  6.

  BERITA WEBSITE

  redaksi@pta-pekanbaru.go.id

  7.

  PENGADUAN

  pengaduan@pta-pekanbaru.go.id

  8.

  KORWIL BMN

  korwilbmn@pta-pekanbaru.go.id

 

   

postheadericon TIM IT GENJOT UPDATE DATA DI WEBSITE PTA PEKANBARU


Layout website PTA Pekanbaru
 

Pekanbaru || www.pta-pekanbaru.go.id

Menjelang akhir tahun biasanya Badilag terus melakukkan penilaian baik itu dari 6 kategori yaitu Website, Siadpa Plus, Simpeg, Meja Informasi, Pemberkasan perkara dan Penulisan karya ilmiah (12/11/2015).

 

postheadericon WORK SHOP PENENTUAN AWAL BULAN HIJRIYAH

Kegiatan mengikuti Work Shop Penentuan Awal Bulan Komariyah yang diselenggarakan oleh Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum UIN Sultan Syarif Kasim pada hari Kamis tanggal 12 November 2015, mulai pukul 08.00 Wib s/d 16.00 Wib bertempat di Auditorium Kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dengan peserta berjumlah 100 (seratus) orang.

 Acara ini dihadiri oleh 3 (tiga) orang utusan dari PTA Pekanbaru, yaitu, Dr.H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum. (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru), Hj. Ida Hamidah, M.H. (Panmud Hukum PTA Pekanbaru), dan Sri Wardhini (Staff Panmud Hukum PTA Pekanbaru). Dalam acara diskusi tersebut, dihadirkan narasumber dari PW. Muhammadiyah Riau Dr. Alfiandri, M.S.E., dan narasumber dari PWNU, Prof. Dr. H. Asmal Mei.

Terakhir Diperbaharui (Rabu, 25 November 2015 09:58)

 

postheadericon KUCING HITAM DI DALAM KARUNG ILMU HUKUM

oleh : Hardinal

Hakim Tinggi PTA Pekanbaru

 

A.  MUKADDIMAH

Kita pasti sering mendengar,bahkan sudah sangat familiar di telinga kita suatu ungkapan “Seperti membeli kucing di dalam karung”, artinya suatu warning agar kitalebih berhati-hati dalam bertransaksi. Jangan berani melakukan spekulasi,yangdalam referensi agamaIslam dikategorikan perbuatangharar(ketidak jelasan dan manifulatif). Maksudnya dalam hal apa saja,dalam bentuk bisnis komersial ataukah dalam bentuk politik sejenis Pilkada. Khususyang disebut terakhirakankita hadapi bersamasecara serentak dalam waktu tidak lama lagi (sekitar tanggal 9 Desember 2015), biasanya dalam kegiatan seperti ini marakterjadi obral janji. Mudah-mudahan arena politik berupa pesta demokrasi kali ini tidak beralih menjadi ajang“pestapora”yang menghalalkan segalanya dan terhindar pula  dari “pestabola” yang dapat menyepak,alias menendang kaki kawan sendiri. Hendaknya bendera independensi dapat tegak berkibar di mana-mana dan masyarakat kita tidak terjebak dalam menjatuhkan pilihan pada the dark cat in the bag (kucing hitam dalam karung).Tapi pokok kajian tulisan ini bukan hendak mengupas masalah “perpolitikan”, karena hal itu memang bukan dunia kita; dunia kita tentunya tidak membias dari masalah hukum.

 

B.       KEPERCAYAAN PADA HUKUM

Hukum…!? Apa hukum itu? pada tataransebagian kalangan masyarakat kelas bawah sepertinya “sudah muak” mendengar kata hukum. Entah mengapa, barang kali mereka melihat suatu kenyataan bahwa hukum itu lebih menukik ke bawah atau ke akar rumput (grass root) versus ke atas.Kalau ke atas, hukum dinilainya majal alias tumpul.Pernah pada suatu ketika (sekitar tahun 1994) penulis pulang dari kantor di kota B menuju rumah di kota M dengan menaiki bus antar provinsi, duduk di seat paling belakang sambil membaca majalah Varia Peradilan terbaru waktu itu. Seseorang yang duduk di sebelah kiri sambil memegang pintu belakang dengan kostum setengah kumal, sepertinya ia seorang pembantu sopir (kenek) menyeletuk bertanya. Pertanyaannya : “Buku apa ini, Pak..???”. Sambil ia menjamah majalah tersebutdan membaca sendiri secara sir (tersembunyi) judul di kover depan majalah Varia Peradilan yang sedang di tangan penulis.  Belum sempat pertanyaan pertama terjawab, ia melontarkan pertanyaan kedua. “Ada tidak buku yang ADIL, Pak!!???”.Terbersit dalam hati penulis untuk tidak menjawab pertanyaan itu, karena pertanyaannya salah.Semua orang tahu bahwa buku adalah bendayang hanya mempunyai wujud,tidak memiliki daya reaksi untuk melakukan sesuatu, dantidakpulatermasuk subyek hukum karena buku tidak bisa berbuat dan bertindak hukum, apalagi untuk berlaku adil.Namun penulis kembali berfikir, dalam hati penulis bertanya-tanya.“Jangan-jangan penanya ini adalah seorang sarjana bahasa”.Nampaknya dia menggunakan sebuah kalimat dalam bentuk semantik dengan mempersonifikasikanmakna buku atau menggeser makna kata buku menjadi person (orang). Karena itu, pertanyaan tersebut dimaknai:“Ada tidak orang yang adil”. Lebih spesifik, “Ada tidak hakim yang adil”. Alhamdulillah, pertanyaan tersebut di atas secara spontanitas penulis jawab dengan jawaban :“Ada”, juga dengan menggunakan kalimat dalam gaya bahasa semantik, jawabannya yaitu Al-Qur’an, dengan menggeserkan maknanyamenjadi Zat Pencipta Al-Qur’an, yaitu Allah SWT. Dia-lah Hakim yang Maha bijaksana dan Maha adil. Allah berfirman sebagai berikut :

Terakhir Diperbaharui (Rabu, 25 November 2015 09:23)

 

postheadericon EKSPOSE HATIBINWASDA PTA PEKANBARU DI PA PASIR PENGARAIAN


Suasana jalannya Ekspose di ruang Sidang Utama PA Pasir Pengaraian
 

Pasir Pengaraian || www.pta-pekanbaru.go.id

Bedasarkan surat tugas no: W4-A/1968/PS.01/X/2015, Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru menugaskan Hatibinwasda (Hakim Tinggi Pengawas Daerah) PTA Pekanbaru beserta tim untuk melakukkan pengawasan, monitoring dan pembinaan ke Pengadilan Agama (PA) Pasir Pengaraian (06/11/15).

Terakhir Diperbaharui (Kamis, 12 November 2015 10:26)

 

postheadericon SEKRETARIS DITJEN BADILAG MEMBERIKAN PEMBINAAN DI PTA PEKANBARU

alt
Foto dari kiri ke kanan : Pansek PTA Pekanbaru Drs. H. Pahri Hamidi, SH, Sekretaris Ditjen Badilag MARI Tukiran, SH., MM, Wakil Ketua PTA Pekanbaru DR. H. Bunyamin Alamsyah, SH., M.Hum
 

Pekanbaru || www.pta-pekanbaru.go.id

Kamis 5 November 2015, Sekretaris Ditjen Badilag MARI Tukiran, SH., MM mengadakan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru dalam rangka memberikan pembinaan, acara terlaksana di ruang serbaguna PTA Pekanbaru. 

Dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, Karyawan dan Karyawati serta Tenaga Kontrak PTA Pekanbaru, Pembinaan yang akan diberikan oleh Sekretaris Ditjen Badilag dimulai pukul 10.00 WIB. Dibuka oleh Panitera/ Sekretaris PTA Pekanbaru Drs. H. Pahri Hamidi, SH dan kata pengantar yang disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru DR. H. Bunyamin Alamsyah, SH., M.Hum sebelum pembinaan yang akan disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Badilag.

 

postheadericon UCAPAN DUKA CITA

WAKIL KETUA

HAKIM & PEGAWAI
Please wait while JT SlideShow is loading images...
Photo Title 1Photo Title 2Photo Title 3Photo Title 4Photo Title 5
TANGGAL HIJRIAH

ATURAN PRILAKU

PILIH BAHASA


PENCARIAN
LINK

 
 
 
 
 

Lihat Index Berita
---------------------->

PENGUMUMAN LELANG

LINK OPEN MAIL PTA

PETA PTA PEKANBARU

YAH00 MASSENGER

Admin

 

Redaksi

JADWAL SHOLAT