www.pa-bengkalis.go.id

Rabu (22/09/2021) Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan Hakim Pengadilan Agama Bengkalis di bidang yudisial, para Hakim Pengadilan Agama Bengkalis melaksanakan diskusi hukum hakim. Diskusi Hukum Hakim kali ini beragendakan pembahasan tentang Hukum Formil dan materiil perkara Itsbat Nikah. Diskusi Hukum Hakim ini dilaksanakan di ruang Hakim Pengadilan Agama Bengkalis pada pukul 08.30 WIB.

Diskusi yang berlangsung serius tapi santai ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A., didamping oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Ali Muhtarom, S.H.I., M.H.I., serta diikuti oleh seluruh Hakim Pengadilan Agama Bengkalis. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A., menyampaikan bahwa ini adalah diskusi Hukum Hakim bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas hakim dalam hal mengadili (dibidang yudisial), yang kali ini pembahasan tentang  Hukum Formil dan materiil perkara Itsbat Nikah.

Diskusi hukum hakim berikutnya akan dijadwalkan rutin dan akan berlanjut dengan pembahasan permasalahan yang lainnya yang bersifat administratif maupun teknis yudisial seperti masalah kinerja SIPP, masalah sidang penyaksian ikrar talak, masalah sidang majelis dan masalah sidang perkara yang pihaknya dighaibkan, tidak hanya itu saja suatu saat akan kita laksanakan bedah berkas perkara untuk meminimalisir kesalahan dalam pembuatan konsep putusan, BAS, dan penyusunan berkas dengan baik.” Ujar Ketua.

Diskusi berjalan semakin hangat. Banyak masukan dan pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh para Hakim Pengadilan Agama Bengkalis saat diskusi hukum kali ini, dengan dasar hukum dan argumen masing-masing, namun dikarenakan harus melanjutkan tugas pokok dan fungsinya yaitu melaksanakan persidangan, oleh karena itu, diskusi hukum Hakim Pengadilan Agama Bengkalis ini ditutup sekitar pukul 09.30 WIB.

Semoga dengan adanya kegiatan diskusi hukum ini dapat meningkatkan kemampuan, keahlian, kapasitas dan kapabilitas para Hakim di Pengadilan Agama Bengkalis. Sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah Hukum PTA Pekanbaru.

***TIM Redaksi PA Bengkalis***