Selatpanjang || www.pa-selatpanjang.go.id

Rabu, 13 Maret 2024, Bulan suci Ramadhan telah tiba, Pengadilan Agama Selatpanjang menyambut bulan Ramadhan dengan mengadakan Kegiatan Bimbingan Mental (Tausiyah) bagi para Hakim, Pegawai, serta Tenaga PPNPN. Kegiatan dimulai 2 Ramadhan 1443 H yang bertepatan dengan tanggal 13 Maret 2024 dan bertempat di musholla Al-Mahkamah Pengadilan Agama Selatpanjang. Acara dilaksanakan ba’da sholat zuhur berjamaah. Acara dibuka oleh Pembawa Acara Muhazier Effendi dan dilanjutkan dengan ceramah yang diawali oleh Ketua PA Selatpanjang H. Khoirul Huda, S.Ag., S.H., M.H.

Adapun Judul dari Bimbingan Mental (Bimtal) ini adalah “Puasa dan Ketaqwaan”. Dalam ceramahnya beliau mengajak seluruh pegawai Pengadilan Agama Selatpanjang khususnya hadirin yang hadir untuk menjalankan ibadah puasa ini dengan maksimal dan bersungguh-sungguh dengan harapan mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT. Kemudian beliau menjelaskan tentang keutamaan bulan Ramadhan termasuk amalan-amalan di bulan suci ini yang diberikan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT.

Amalan Utama yang harus dimaksimalkan di bulan Ramadhan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini ada 5 (lima). Kelima amalan tersebut adalah : Taddarus al-Quran, Memperbanyak Do’a Kebaikan, Memperbanyak Sedekah, Memberi Makan Orang Berpuasa dan Memperbanyak Sholat Tarawih serta QiyamulLail. Di akhir ceramahnya kembali mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk memperbanyak sifat sabar (menahan hawa nafsu) dan meningkatkan ibadah di bulan suci ini agar ibadah puasa yang dilakukan dinilai Allah SWT tidak hanya sebatas menahan lapar dan haus saja, untuk memperbanyak ibadah sehingga dapat meningkatkan kualitas taqwa kepada Allah, Semoga maghfirah diberikan Allah kepada kita semua.

Dengan adanya Bimtal ini semoga seluruh aparatur Pengadilan Agama Selatpanjang semakin tekun dalam beribadah dan berbuat kebaikan sehingga dapat menghasilkan aparatur yang beriman dan bertakwa serta berkepribadian yang jujur, disiplin dan profesional dalam bekerja.  ***__(Riz@l/Tim IT PA Selatpanjang)__***.