Pekanbaru||www.pekanbaru.go.id

Jum’at 19 April 2024, Dharmayukti Karini Cabang Riau melaksanakan pertemuan rutin dan sekaligus acara Halal bi Halal dalam suasan Idul Fitri 1445 H. Acara diikuti oleh Pengurus Dharmayukti Karini Cabang dan Daerah, Anggota Dharmayukti dan Wakil Ketua PTA Pekanbaru Bapak Dr. Mohamad Jumhari, SH., MH yang akan memberikan tausiah dalam acara ini. Kegiatan dilaksanakan di Aula PTA Pekanbaru.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Dharmayukti Karini cabang Riau Ny. Hj. Herlina Syahril menyampaikan bahwa pertemuan kali ini dilaksanakan dalam rangka pertemuan rutin dan juga halal bi halal berhubungan masih dalam bulan Syawal. Beliau juga mengucapkan mohon maaf lahir bathin kepada semua anggota yang hadir. Beliau berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Ketua Daerah Ny. Ariyani Siswandriyono yang turut hadir dalam pertemuan ini juga turut menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan mohon maaf lahir bathin kepada selururh anggota yang hador dalam pertemuan ini. Beliau berharap dihari yang fitri ini semua anggota Dharmayukti Karini bisa menjalankan roda organisasi dengan lebih baik lagi. Tak lupa ucapan terimakasih kepada Ibu Ketua Cabang yang telah meluangkan waktu dan tempat untuk terlaksananya kegiatan ini.

Halal bi Halal yang diisi dengan Tausiah dari Bapak Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. Mohamad Jumhari, SH., MH membuka tausiahnya dengan mengajak seluruh yang hadir dalam pertemuan ini untuk bersama-sama melantunkan do’a Al I’tiraf yang terkenal dengan sebutan do’a Abu Nawas. Terjemahan dari do’a Al I’tiraf tersebut yakni :

Ya Allah, Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak sanggup masuk neraka.

Ya Allah, berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engakai Maha Pengampun dosa yang besar.

Dosaku Bagai bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.

Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.

Ya Allah, Hamba Mu yang berbuat doa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu.

Maka jika Engkau mengampuni, maka Engkaullah yang berhak mengampuni. Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau.

Halal bi halal dalah rangkaian dari puasa Ramadhan yang telah selesai dilaksanakan dan kemudian berlanjut dengan Idul Fitri Dimana dihari yang fitri ini kita semua melaksanakan hala bi halal untuk melaksanakan silaturrahmi.

Ada 3 (tiga) poin yang ingin dicapai setelah selesai melaksanakan puasa Ramadhan, yakni :

  1. Diharapkan orang yang selesai Ramadhan dan menyambut Idul Fitri tampil sebagai orang yang bertaqwa, yang menghasilkan jiwa yang taqwa. Salah satu ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah yang senang bersedekah.
  2. Menjadi orang yang bisa mencegah hawa nafsu dan emosi. Ada 4 (empat) tipe orang dalam hal ini yakni :
  3. Gampang marah da susah memafkan.
  4. Gampang marah dan gampang memaafkan.
  5. Tidak gampang marah, tapi sekalinya marah susah memaafkan.
  6. Tidak gampang marah, dan gampang memafkan.
  7. Menjadi orang yang bertaqwa adalah yang gampang memafkan. Yang baik itu yakni memaafkan sebelum diminta maafnya. Orang yang bertaqwa yakni yang gampang memaafkan.

Ada dua kalimat yang patut menjadi renungan yakni :

  1. Lupakan kebaikan kita kepada orang lain sebesar apapun supaya kita bersyukur, dan lupakan keburukan orang kepada kita sebesar apapun supaya hati kitabersih.
  2. Ingat keburukan kita kepada orang sekecil apapun supaya kita mudah meminta maaf, dan ingat kebaikan orang kepada kita sekecil apapun supaya kita pandai berterimakasih

Semoga dengan adanya acara hala bi halal ini memberikan berkah kepada umur kita, dimudahkan kehidupan kita semua. Mudah-mudahan Allah SWT berkenan mengangkat derajat kita setelah selesai melaksanakan ibadah puasa. Orang yang baik itu yakni yang bertambah keta’atannya

Setelah tausiah kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan rutin yang diisi dengan laporan dari sekretaris Dharmayukti cabang dan selururh seksi yang ada dalam organisasi. Acara ditutup dengan pemberian doorprize, foto dan makan siang bersama.