Wakil Ketua yang didampingi dengan UPZ PTA Pekanbaru menyerahkan Kwitansi Zakat Maal kepada salah satu pengurus Baznas Prov. Riau

 

Pekanbaru || www.pta-pekanbaru.go.id

Zakat Maal adalah zakat yang dikenakan atas harta (maal) yang dimiliki oleh individu atau lembaga dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara hukum (syara). Maal berasal dari bahasa Arab yang secara harfiah berarti ‘harta’.

Sehubungan dengan itu zakat Maal Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru dihimpun oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) PTA Pekanbaru. Zakat dikumpulkan perbulannya oleh UPZ PTA Pekanbaru dan diserahkan pertiga bulan kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Provinsi Riau.


Suasana penyerahan zakat maal kepada salah satu pengurus Baznas Prov. Riau

Pada hari ini  selasa (28/04/2015) pukul 10.00 wib,  Ketua  Nurjasman, BA dan bendahara Hj. Mislamah, BA UPZ PTA Pekanbaru menyerahkan zakat maal warga PTA Pekanbaru yang telah terkumpul kepada Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H Bunyamin Alamsyah, SH.,M.Hum selaku pembina UPZ PTA Pekanbaru yang akan diserahkan kembali kepada salah satu pengurus BAZNAS Provinsi Riau.

Penyerahan zakat bertempat di ruang rapat PTA Pekanbaru, zakat maal yang terhimpun dimulai bulan Februari sampai dengan April tahun 2015 dengan jumlah Rp. 28.150.000,- (Dua puluh delapan juta seratus lima puluh ribu rupiah). Ketua UPZ PTA Pekanbaru telah mengusulkan juga ke BAZNAS Prov. Riau bahwa usaha pedagang kecil dari tahun 2003 sampai dengan sekarang dengan jumlah 17 orang sebagai penerima zakat produktif.


Salah perwakilan Baznas Prov. Riau menerima zakat maal pegawai PTA Pekanbaru yang telah dihimpun oleh UPZ PTA Pekanbaru

Kedepan BAZNAS Provinsi Riau juga meminta kepada UPZ PTA Pekanbaru untuk mengusulkan usaha Sol sepatu sebagai penerima zakat produktif tersebut. Disamping itu Wakil Ketua PTA Pekanbaru mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai PTA Pekanbaru yang telah kompak dan bersama-sama dengan mengumpulkan zakat.Kedepan ia selalu ingin meningkatkan pengumpulan zakat ini dikalangan keluarga besar PTA Pekanbaru begitu juga maunya dengan seluruh Pengadilan Agama di wilayah hukum PTA Pekanbaru.

(Tim Redaksi PTA Pekanbaru)