(DR. H. Akbarizan, M.Ag., M.Pd. memberikan ceramah)

www.pta-pekanbaru.go.id

Senin, 09 Juli 2012 Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru mengadakan acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan menyambut bulan suci Ramadhan 1433H di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nursiah Kasim, S.Pd dengan sari tilawah Khaidir, S.HI., kemudian sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, S.H., M.A. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa acara ini jangan hanya dijadikan sebagai kebiasaan pada setiap tahunnya, tapi lebih baik dijadikan juga sebagai renungan bagi kita semua. Beliau juga menyampaikan agar menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat sehingga dapat menjadikan Ramadhan lebih sempurna.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh DR. H. Akbarizan, M.Ag., M.Pd. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan ceramah tentang “Kebersihan Hati”. Dimana ada 5 cara merawat/mengobati hati yaitu (1). Dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. (2). Mengosongkan perut (berhenti makan sebelum kenyang). (3). Melaksanakan ibadah malam hari (sholat malam). (4). Ibadah sahur. (5). Sering berkumpul dengan orang sholeh.

Selain itu DR. H. Akbarizan, M.Ag.,M.Pd juga menyampaikan tentang 3 perkara yang dapat membuat hati menjadi kesat yaitu: (1). Senang tidur. (2). Senang santai-santai. (3). Senang makan. Di akhir ceramahnya beliau menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan salah satu proses untuk melembutkan hati dan beliau mengajak hadirin sekalian untuk senantiasa berupaya menjaga kebersihan hati.

      

Akhirnya acara peringatan isra’ mi’raj dan menyambut bulan suci ramadhan ini ditutup dengan do’a yang dipandu oleh Drs. Sanul Airi.{jcomments on}