Dari Kiri Gambar: Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH (Tuada Udilag),
Datuk Sri Dr. H. M. Rusli Zainal, SE., MP (Gubernur Riau),
Drs. H. Mahyiddin Usman, SH., MA (KPTA Pekanbaru),
Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH., S.IP., M.Hum (Hakim Agung)

Malam puncak resepsi peringatan seperempat abad berdirinya PTA Pekanbaru digelar di halaman kantor PTA Pekanbaru (kamis malam, 22/11/2012). Acara tersebut dihadiri para petinggi di Propinsi Riau, diantaranya adalah Gubernur Riau Datuk Sri Dr. H. M. Rusli Zainal, SE., MP  dan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si, Kemenag Propinsi Riau, Danlanud Pekanbaru, Kapolda Riau. Acara itu juga dihadiri oleh Ketua Muda Mahkamah Agung RI Urusan Lingkungan Peradilan Agama Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H, Hakim Agung Mahkamah Agung RI Bapak Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum dan Dr. H. Habiburrahman, M.Hum,  Dirjen Badilag yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Badilag Drs. H. Farid Ismail, S.H., M.H. Turut hadir pada malam itu para sesepuh dan sekaligus mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Ketua PT Pekanbaru, Ketua PTUN Pekanbaru.

Selain itu juga ketua, wakil ketua beserta Panitera/Sekretaris sewilayah hukum PTA Pekanbaru ikut memeriahkan malam acara puncak seperempat abad HUT PTA Pekanbaru ditambah lagi seluruh hakim tinggi, pejabat struktural dan fungsional, karyawan/ti dan tenaga kontrak PTA Pekanbaru terlibat langsung pada acara tersebut.

Sebelumnya diawali acara makan bersama para tetamu undangan di ruang sidang utama PTA Pekanbaru. Acara malam puncak resepsi peringatan seperempat abad PTA Pekanbaru dimulai dengan tarian persembahan yang merupakan ciri khas  budaya melayu. Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, S.H., MA dalam sambutannya menyampaikan sekelumit kilas balik  perjalanan sejarah berdirinya PTA Pekanbaru. Peringatan seperempat abad berdirinya PTA Pekanbaru mengambil tema “Dengan Memperingati Seperempat Abad Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Kita Laksanakan Reformasi Birokrasi Secara Konsisten Untuk Terwujudnya Peradilan Agama Yang Agung di Riau dan Kepulauan Riau”.

Acara tersebut dilanjutkan dengan ditanyangkan film dokumenter kilas balik seperempat abad PTA Pekanbaru. Dalam film dokumenter tersebut berisikan tentang sejarah awalnya berdiri PTA Pekanbaru kemudian foto-foto kantor PTA Pekanbaru dari yang pertama hingga sekarang. Selain itu juga dalam film tersebut ditampilkan foto-foto ketua, wakil ketua dan panitera/sekretaris yang pernah menjabat dari pertama berdirinya PTA Pekanbaru hingga sekarang ini. Kemudian dalam film dokumenter itu dimuat foto-foto kantor Pengadilan Agama Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru.

  

Sambutan oleh KPTA Pekanbaru, Gubernur Riau dan Tuada Udilag

Kegiatan louncing buku seperempat abad PTA Pekanbaru dengan judul buku “Membentang Cahaya Di Bumi Lancang Kuning (25 Tahun Kiprah Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru 1987-2012)” dilakukan dengan membubuhi tanda tangan pada cover buku oleh Gubernur Riau, Ketua PTA Pekanbaru, Ketua Muda Mahkamah Agung RI Urusan Lingkungan Badan Peradilan Agama.

  

Penandatanganan Cover Buku dalam rangka loncing buku
 “Membentang Cahaya Di Bumi Lancang Kuning
(25 Tahun Kiprah Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru 1987-2012)

Gubernur Riau Datuk Sri Dr. H. M. Rusli Zainal, SE., MP dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah, ini adalah kali pertama PTA Pekanbaru mengundang beliau, semoga dengan kehadirannya ini dapat menambah keakraban antara satu dan lainnya. Kemudian beliau menyampaikan bahwa setelah menyaksikan film dokumenter kilas balik PTA Pekanbaru, sambil bersenda gurau menyampaikan alangkah baiknya kalau para Bupati diundang pada acara ini agar dapat menyaksikan kondisi kantor-kantor Pengadilan Agama. Ini diharapkan adanya sumbangsih dan kerjasama yang baik agar Peradilan Agama ini semakin hari semakin baik.

Tidak ketinggalan Ketua Muda Mahkamah Agung RI Urusan Lingkungan Peradilan Agama Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H memberikan sambutan pada acara tersebut. Dengan gayanya yang kocak menyampaikan beberapa hal diantaranya atas nama pimpinan Mahkamah Agung RI mengucapkan selamat atas hari ulang tahun PTA Pekanbaru yang ke XXV. Beliau memaparkan tentang keberhasilan reformasi birokrasi yang telah dilakukan oleh Peradilan Agama. Stigma-stigma yang negatif yang melekat pada Peradilan Agama mulai hilang. Ini tidak terlepas dari pembinaan yang terus menerus dilakukan oleh Mahkamah Agung sehingga performansnya makin membanggakan, beliau mengibaratkan “ibarat gadis, makin cantik”.

Pada malam itu juga diumumkan pemenang terhadap penilaian Peradilan Agama terbaik dibidang manajemen peradilan, simkep, website dan siapda plus tahun 2012 dan dituangkan dalam Surat Keputusan Ketua Panitia HUT Seperempat Abad PTA Pekanbaru Nomor: W4-A/54/HM.01.2/XI/2012 tanggal 20 Nopember 2012.

  

Para Pemenang 4 Kategori Penilaian 4 Bidang

Untuk kategori manajemen peradilan sebagai juara 1 adalah PA Rengat, juara 2 adalah PA Bengkalis dan juara 3 adalah PA Selat Panjang. Website sebagai juara 1 adalah PA Pangkalan Kerinci, juara 2 PA Ujung Tanjung dan juara 3 adalah PA Dabo Singkep. Siadpa Plus sebagai juara 1 adalah PA Bengkalis, juara 2 adalah PA Pangkalan Kerinci dan juara 3 adalah PA Ujung Tanjung. Sedangkan untuk kategori Simkep sebagai juara 1 adalah PA Pasir Pengaraian, juara 2 adalah PA Selat Panjang dan juara 3 adalah PA Natuna. Bagi PA yang telah menjuarai 4 kategori tersebut diberikan sertifikat penghargaan. Hal ini bertujuan untuk memacu semangat dan diharapkan lebih ditingkatkan lagi untuk masa yang akan datang. Bagi PA yang belum mendapat juara diharapkan agar dapat termotivasi untuk melakukan apa yang telah dilakukan PA yang juara.

Acara puncak resepsi milad seperempat abad PTA Pekanbaru Tahun 2012 ditutup dengan doa oleh Dadi Aryandi, S.Ag (Hakim PA Bengkalis). Dirgahayu HUT XXV Tahun PTA Pekanbaru, Jayalah PTA Pekanbaru, Jayalah Mahkamah Agung, semoga Allah SWT memberkati. Amin..(Khaidir, S.HI/ Tim IT PTA Pekanbaru).{jcomments on}