(Foto: Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH dan Hakim Tinggi Drs. H. Insyafli, M.HI)

 

Pekanbaru | www.pta-pekanbaru.go.id

Hari ini Rabu, 27 Februari 2013 Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru mengadakan diskusi antara Hakim Tinggi dengan Panitera/Panitera Pengganti PTA Pekanbaru tentang format putusan dan berita acara yang digunakan di PTA Pekanbaru. Acara yang diadakan di Aula PTA Pekanbaru dimulai pada pukul 08.45 WIB dan dibuka oleh Hakim Tinggi Drs. H. Insyafli, M.HI.

Kemudian acara diskusi ini dipimpin dan dipandu oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, S.H. Dengan menggunakan slide power point yang ditampilkan pada layar Infocus, beliau menerangkan tentang format putusan dan berita acara yang meliputi diantaranya sebagai berikut:

·         Istilah Hukum Yang Sering Digunakan

·         Istilah Baku Dalam Berita Acara

·         Istilah Baku Dalam Putusan

·         Istilah Yang Ada Dalam Undang-Undang dan Formulir Resmi Badilag

·         Termasuk Format Penulisan

    

(Peserta Diskusi)

Dalam diskusi tersebut, Wakil Ketua PTA Pekanbaru juga mengupas tentang aneka redaksi kalimat pembuka, redaksi amar, dan kalimat penutup putusan tingkat banding serta istilah buku lainnya dalam praktek di PTA Pekanbaru (yang merupakan hasil bedah berkas/putusan). Setelah mengupas aneka redaksi tersebut, beliau juga memaparkan tentang draft yang ditawarkan untuk digunakan secara seragam di PTA Pekanbaru, yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh seluruh peserta yang kemudian menghasilkan keseragaman format putusan dan berita acara yang digunakan di PTA Pekanbaru.

 

 

(Hendra Masputra){jcomments on}