(Panitera/Sekretaris PTA Pekanbaru Drs. Syafruddin membuka acara rakor)

Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Selasa, 26 Maret 2013 Pukul 09.00 WIB berlangsung Rapat Pembinaan/Koordinasi Dan Konsultasi PTA Pekanbaru Dengan PA Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru di Aula Utama PTA Pekanbaru. Rakor dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera/ Sekretaris, Hakim Tinggi beserta seluruh Pejabat Struktural/Fungsional PTA Pekanbaru dan Ketua beserta Panitera/Sekretaris PA Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru.

Rakor dibuka oleh Panitera/Sekretaris PTA Pekanbaru Drs. Syafruddin. Beliau menyampaikan agenda penting yang akan disampaikan dalam Rakor yaitu pembinaan oleh pimpinan PTA Pekanbaru, sosialisasi penerapan IT dalam rangka memperlancar tupoksi yang akan disampaikan oleh tim IT dari PTA Pekanbaru dan launching pendaftaran registrasi online PA Dumai yang akan disampaikan oleh tim IT PA Dumai.

Dalam pembinaan yang disampaikan oleh Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, SH.,MH., beliau kembali mengingatkan tentang peningkatan secara maksimal dalam pelaksanaan Reformasi Birokarsi. Peningkatan kinerja disegala bidang harus selalu ditingkatkan, dan selalu konsekuen terhadap tupoksi. Beliau juga tak lupa mengingatkan betapa pentingnya penerapan IT dalam membantu kelancaran kinerja. Untuk itu beliau berharap penerapan IT disemua PA Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru dapat selalu ditingkatkan.

Rakor dilanjutkan dengan pembinaan dari Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH. Dalam pembinaannya beliau menekankan bahwa PA Pekanbaru harus bisa menjadi PA Percontohan untuk Pengadilan Agama lainnya yang berada di bawah wilayah Hukum PTA Pekanbaru. Beliau juga menyinggung tentang pembuatan laporan perkara, dimana ketelitian harus selalu diutamakan dalam pembuatan laporan perkara, dan menekan jumlah sisa perkara yang masuk. Kedisiplinan dalam menjalankan kontrak kinerja (IKI=indikator kinerja individu) juga menjadi perhatiaan beliau dalam pembinaannya. Dalam kesempatan ini, beliau juga membahasa mengenai format salinan putusan. Beliau berharap agar semua PA yang ada dibawah wilayah Hukum PTA Pekanbaru memiliki keseragaman dalam membuat salinan putusan.

 

Sosialisasi Pengembangan IT Dan Launching Sistem Penerimaan Perkara Online Pada Rakor PTA Pekanbaru

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi pengembangan IT dan launching sistem penerimaan perkara online yang dipandu oleh Kasubbag Umum PTA Pekanbaru Zosmel Zuly, S.T.,M.Sc.,M.H.

1. Sosalisasi Pengembangan IT PTA Pekanbaru

Sosialisasi dimulai dengan penjelasan dari Kasubag Keuangan Syaiful Anwar, SE, MH yang membahas mengenai penggunaan aplikasi komdanas dibagian keuangan dan penyerapan anggaran di PA sewilayah Hukum PTA Pekanbaru. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai SIMPEG online yang dijelaskan oleh staf Sub Bagian Kepegawaian Khaidir, SHI. Dimana SIMPEG online (SIMPEG e-document) ini berguna untuk proses kenaikan pangkat bagi pegawai, sehingga kenaikan pangkat untuk kedapannya menerapkan sistem paperless menggunakan berkas  yang sudah bersifat elektronik dokumen dan bersifat online. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan mengenai aplikasi komdanas di Sub Bagian Kepegawaian. Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai perkembangan IT di PTA Pekanbaru yang menggunakan aplikasi intranet. Kasubag Umum Zosmel Zuly, ST, MSc, MH menjelaskan secara umum aplikasi intranet yang telah mulai diterapkan di PTA Pekanbaru dan diuji coba di sub bagian umum. Dengan adanya aplikasi ini sangat membantu dalam kelancaran kinerja di sub bagian umum. Penjelasan secara rinci kemudian dilanjutkan oleh staf sub bagian umum Hendra Masputra, S.Kom, dimana aplikasi intranet ini terdiri dari Aplikasi Chatting / Komunikasi, Aplikasi Arsip, Aplikasi Informasi Perkara Banding, Aplikasi Meja Informasi, Aplikasi Perpustakaan, dan Data Center PTA Pekanbaru. Semoga karya ini dapat menunjang pelaksanaan tugas di PTA Pekanbaru sehingga lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

2. Launching Register Perkara Online PA Dumai

Launching dimulai dengan sambutan dari Ketua PA Dumai Dra. Hj. Husni Rasyid, SH, MH. Dalam sambutannya beliau memperkenalkan tim IT dari PA Dumai. Beliau juga menyampaikan latar belakang dari pembuatan Register Perkara Online didasari oleh sebagian besar dari masyarakat Dumai yang bekerja diperusahaan memiliki kesibukan yang sangat padat, sehingga untuk masyarakat yang ingin berperkara memiliki kendala dalam menyisihkan waktu luang untuk mendaftarkan perkaranya ke PA Dumai. Dengan adanya regsitrasi perkara secara online, maka masayarakat yang ingin berpekara dapat dengan mudah dan cepat dalam mendaftarkan perkaranya ke PA Dumai.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sistem dan cara kerja Register Perkara Online oleh tim IT PA Dumai, yang dijelaskan secara rinci dan jelas. Dalam penjelasannya, tim IT PA Dumai berharap dengan adanya register perkara secara online dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Diakhir acara, Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman SH, MA meresmikan Launching Register Perkara Online PA Dumai dengan pembacaan dan penandatangan piagam/dokumen pertanda persemian Launching Register Perkara Online di PA Dumai.

(HZ, Tim Redaksi PTA Pekanbaru)

{jcomments on}