Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Jum’at, 7 Januari 2022, tausiah yang rutin dilaksanakan setiap hari jum’at sore setelah selesai melaksanakan Sholat Ashar berjama’ah disampaikan oleh Ketua Musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru Drs. Abdul Hamid, di hadapan seluruh jema’ah sholat ashar.

Beliau mengajak seluruh yang hadir dalam tausiah tersebut untuk menyikapi pergantian tahun dengan mengevaluasi diri. Tahun bertambah, usia semakin berkurang. Bahwa kita akan mati, kapan dan dimana tidak diketahui.

Sebagai pedoman hidup, Malaikat Jibril memberikan 3 nasehat untuk umat Nabi Muhammad SAW, yakni:

  1. Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati.

Nasehat ini menjelaskan bahwa kematian merupakan hal yang pasti. Seseorang menjalani hidup denan baik atau buruk, itu merupakan piihan. Apapun dan bagaimanapun jalan hidup yang dipilih, ingat bahwa kematian itu pasti.

  1. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya.

Sebesar apapun cinta terhadap sesama, tetaplah ujungnya akan bertemu dengan yang namanya perpisahan. Hanya ada satu cinta yang abadi, yaitu cinta kepada Allah SWT.

  1. Berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya.

Sekecil apapun  kebaikan yang dilakukan manusia, Allah pasti akan membalasnya. Setiap kebaikan atau keburukan, semua akan dipertanggungjawabkan dan dibalas oleh Allah.

Oleh sebab itu, marilah kita mengisi pergantian tahun ini dengan amal saleh semaksimal mungkin, yang akan menjadi tabungan kita untuk diakhirat kelak. Semoga tausiah ini dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dan semoga kita semua selau termasuk kedalam hamba Allah yang saleh dan salehah.