Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Drs. H. Mahyiddin Usman, SH, MA  beserta rombongan yang terdiri dari Panitera/Sekretaris Drs. Syafruddin dan Wakil Sekretaris Yohan Fauzi Yulises, S.Ag, MH melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Tarempa dalam rangka pembinaan dan silaturrahmi dengan jajaran Pengadilan Agama Tarempa dari tanggal 19 sampai dengan 21 Agustus 2011 di Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau.

      Pengadilan Agama Tarempa terletak di Tarempa ibukota Kecamatan Siantan Kapubaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, berdiri sejak tahun 1972 dengan wilayah hukum meliputi 6 Kecamatan yakni Kecamatan Siantan, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Pelmatak, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur. Personil Pengadilan Agama Tarempa terdiri dari 20 orang personil yang terdiri dari 6 orang Hakim, termasuk Ketua dan Wakil Ketua, 8 orang PNS yang terdiri 1 Panitera/Sekretaris 1 orang Wakil Panitera, 1 orang Panitera Muda, 4 orang Jurusita Pengganti dan 1 PNS ditambah 6 orang Tenaga Kontrak, sedangkan jabatan Kesekretariatan masih lowong.,
      “Bulan Ramadhan tahun ini Pengadilan Agama Tarempa mendapat berkah, karena Bapak Drs. H. Mahyiddin Usaman, SH, MH merupakan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru yang pertama melakukan kunjungan kerja dan bersilaturrahmi dengan jajaran Pengadilan Agama Tarempa karena Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru yang sebelumnya belum pernah ada yang sampai ke Tarempa” kata Ketua Pengadilan Agama Tarempa Drs. Affandi dalam sambutannya pada acara Pertemuan Pembinaan dan Silaturrahmi dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru yang diadakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Tarempa.


     Dalam pengarahannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru menyampaikan “walau Pengadilan Agama Tarempa terletak jauh dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru perlu meningkatkan kinerja dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengadilan agama dengan diawali meningkatkan disiplin pelaksanaan tugas. Mahkamah Agung telah memprogramkan untuk meningkatkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi peradilan, diantaranya dengan menerapkan Quick Wins yakni Transparansi Peradilan, Pengembangan Teknologi Informasi dan Internalisasi Pedoman Prilaku Hakim, Manajemen SDM dan Pengelolaan PNBP. Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru menindak lanjuti program Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI  dalam bulan Septermber 2011 ini akan melakukan penilaian terhadap Percepatan Penyelesaian perkara, Manajemen SDM, Pengawasan dan Pengaduan, Pengelolaan Website, Pelayanan Meja Informasi, Pelayanan Publik, Implementasi SIADPA dan SIAD PTA dan Justice for all (Sidang Keliling, Perkara Prodeo dan Posbakum).
      Drs. Syafrudin, Panitera/Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru juga memberikan pengarahan, menyampaikan agar Pengadilan Agama Tarempa lebih meningkatkan kebersihan dan kerapian, kelengkapan sarana dan prasarana, disiplin pegawai melalui penggunaan abasensi elektronik dan ketepatan waktu serta akurasi laporan baik laporan perkara maupun laporan administrasi lainnya.
       Dalam kunjungan kerja tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru juga bersilaturrahmi dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas di rumah dinas. Bapak Bupati Drs. Tengku Muchtaruddin menyampaikan bahwa selama ini telah terjalin kerjasama dan akan menyediakan lahan seluas 1 hektar untuk pembangunan gedung baru Pengadilan Agama Tarempa pada Kawasan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, serta menyampaikan terima kasih atas partisipasi Ketua dan  jajaran Pengadilan Agama Tarempa yang telah melayani masyarakat setempat dengan baik di bidang hukum dan kegiatan keagamaan.

  

       Kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Tarempa juga diisi dengan acara Buka Bersama di Kantor Pengadilan Agama Tarempa yang dilanjutkan dengan Sholat Magrib, Sholat Isya dan Tarawih berjamaah serta Ketua Pengadilan Tinggi Agama diminta menyampaikan Ceramah Agama di Mesjid Jami’ Baiturrahim Tarempa Kabupaten Kepuluan Anambas.{jcomments on}