Masih dalam suasana bulan Syawal, PTA Pekanbaru melaksanakan acara Halal Bi Halal dan sekaligus Pelepasan Jema’ah Haji yang bertempat di Aula PTA Pekanbaru (15/09/2011). Acara ini diikuti oleh seluruh pegawai PTA Pekanbaru, Purna Bakti,Pensiunan PTA Pekanbaru dan sebagian Ketua PA Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru.

     Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Khaidir, SHI yang kemudian dilanjutkan pembacaan Salawat Badar oleh Ibu-ibu Dharmayukti Karini.

     Dalam Acara Halal Bi Halal ini diisi dengan ceramah agama, yang disampaikan oleh salah seorang Hakim Tinggi PTA Pekanbaru Ibu Dra. Hj. Rosmawardani, SH. Judul yang disampaikan sesuai dengan tema acara yaitu Halal Bi Halal. Dalam ceramahnya,  Ibu Ros (sapaan akrab Ibu Dra. Hj Rosmawardani, SH), menyampaikan bahwa hahal bi halal bukan semata hanya berjabat tangan saja, tetapi juga berjabat hati, sehingga makna halal bi halal dapat terpenuhi secara maksimal dan memberikan manfaat yang positif dalam hubungan silaturrahmi. Ibu Ros juga tak lupa menyampiakan bahwa Silaturrahmi tidak hanya dengan tetangga, karib dan kerabat, tetapi yang paling utama adalah menjaga silaturrahmi dalam keluarga.Selanjutnya Ibu Ros juga menyampaikan sepatah kata untuk Pelepasan Jema’ah Haji, yang pada intinya mengharapkan keberangkatan Jema’ah Haji selamat dalam perjalanan ke Tanah Suci, selamat pulang ke tanah air, dan memperoleh Haji yang Mabrur.

     Acara kemudian dilanjutkan dengan Tepung Tawar untuk pelepasan Jema’ah Haji yaitu Ketua PTA Pekanbaru Bapak Drs. H. Mahyiddin Usman, SH, MA beserta Istri. Acara tepung tawar ini dimulai oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Bapak Drs. Buchori Ras, Perwakilan Hakim Tinggi PTA Pekanbaru    Bapak Drs. H. Abu Bakar Syarif, SH, MHI, Purna Bakti PTA Pekanbaru Drs. H. Abbas Hasan (Mantan Ketua PTA Pekanbaru), dan perwakilan Dharmayukti Karini Ny. Lumban Hutabarat beserta Ny. Pelmizar.

     Seusai tepung tawar acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Purna Bakti PTA Pekanbaru Bapak Drs. H. Abbas Hasan beserta istri (Mantan Ketua PTA Pekanbaru) dan Bapak Drs. H. M. Nazir (Mantan Hakim Tinggi), Pensiunan PTA Pekanbaru Bapak Drs. Amran Ramli (Mantan Wakil Sekretaris) dan Ibu Rahimah Nur, BA (mantan PP)  yang ikut hadir dalam acara ini.

     Pada akhir acara Ketua PTA Pekanbaru Bapak Drs. H. Mahyiddin Usman, SH, MA menyampaikan pesan untuk Ketua PA Sewilayah Hukum PTA Pekanbaru yang hadir dalam acara ini tentang kesiapan bahan-bahan yang harus dibawa dalam menghadapi Rakernas. Dan tak lupa menyampaikan permohonan ma’af lahir bathin sebelum berangkat ke tanah suci.

     Acara ini ditutup dengan pembacaan do’a oleh Bapak Drs. H. Abu Bakar Syarif, SH, MHI dan salaman saling berma’af-ma’afan. 

(El Zurina/TIM IT PTA Pekanbaru)

{jcomments on}