Dr. H. M. Sutomo, SH, MH salah seorang hakim tinggi yang sedang bertugas di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, , Lahir di Lamongan 21 Maret 1961. Memulai karir sebagai hakim di Peradilan Agama di Nusa Tenggara Timur pada tahun 1990 -2008. Dalam perjalanan karirnya, beliau kemudian dipromosikan menjadi hakim tinggi di PTA Maluku Utara pada tanggal 18 Juli 2008 – 2010. Pada 31 Agustus 2010 beliau dimutasikan ke PTA Pekanbaru sampai sekarang.

Dalam perjalanannya sebagai hakim peradilan agama yang selalu diwarnai dengan mutasi, beliau tetap bersemangat untuk mengambil dan menyelesaikan  program S3 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Perjalanan dalam menulis disertasi berawal dari kota Bajawa   tahun 2002, yang kemudian berlanjut ke kota Ternate  dan berkhir di Kota Pekanbaru. Dalam wawancara singkat, beliau mengatakan, ” Dalam penulisan ini tidak lepas dari cobaan, rintangan dan tantangan serta kesibukan, Alhamdulillah dengan semangat yang tinggi dan kesabaran, ternyata berkat izin dan ridla Allah SWT, meski pelan-pelan ada sebuah kepastian, bahwa gelar doktor dapat diraih dan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dalam ujian Promosi Doktor pada tanggal 27 Oktober 2011. Oleh karena itu saya mohon do’a restu, semoga sedikit ilmu yang kami peroleh ini, bagaikan setetes air dilautan ada berkah dan bermanfaat”.

Adapun judul dari penulisan disertasi Dr. H. M Sutomo, SH, MH adalah “Dinamika Hukum Kewarisan Islam Di Indonesia” (studi atas Yurisprudensi Mahkamah Agung RI tahun 1991-2002).

Menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk PTA Pekanbaru, karena memiliki seoang Hakim Tinggi yang telah berhasil menyelesaikan gelar Doktor dan menjadi Hakim Tinggi termuda di Riau bergelar doktor. Semoga ini menjadi motifasi untuk semua Hakim dan pegawai di lingkungan PTA Pekanbaru khususnya untuk dapat mengejar ilmu setinggi-tingginya dan dapat memberikan manfaat yang lebih untuk pekerjaan, lingkungan dan masyarakat.

(El Zurina/ Tim IT PTA Pekanbaru)

{jcomments on}