www.ptapekanbaru.net

KPTA Pekanbaru Drs. H.Mahyiddin Usman, SH., MH didampingi oleh Waka dan Panitera/Sekretaris serta Ketua Panitia dalam pembukaan Bimtek Hakim Mediator

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para hakim baik ditingkat pertama maupun tingkat banding telah dilaksanakan oleh PTA Pekanbaru yang terbagi kepada dua kegiatan.  Kegiatan Bimbingan Teknis yang pertama adalah Bimtek Hakim Mediator Pengadilan Agama Se-Wilayah Hukum PTA Pekanbaru yang dilaksanakan di Har Bour Amir Hotel di kota Batam Kepulauan Riau.

Bimtek Hakim Mediator ini telah dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 9 Maret 2012 di Batam. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 41 orang peserta yang terdiri dari 9 orang Hakim Tinggi dan 32 orang hakim pada tingkat pertama. Adapun yang menjadi narasumber/ fasilitator dalam kegiatan tersebut adalah Ketua dan Waka PTA Pekanbaru dan beberapa orang dari Hakim Tinggi PTA Pekanbaru diantaranya Drs. Insyafli, M.HI, Drs. H. Lumban Hutabarat, SH., MH, Drs. Permizar, M.HI dan Drs.H. Muslim, SH., MH.

Drs. H. Maraenda Harahap, SH., MH sebagai Ketua Panitia Pelaksana menuturkan bahwa kegiatan Bimtek Hakim Mediator ini para hakim dibekali dengan berbagai macam materi diantaranya adalah (1) Perdamaian Menurut Syari’at Islam (2) Prosedur Mediasi (3) Teknik-Teknis Mediasi (4) Pengendalian Emosi dalam Proses Mediasi (5)Tahapan Pemeriksaan Perkara Perdata dan (6) Mediasi di tingkat banding. Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut agar dapat meningkatkan profesionalisme hakim dalam melakukan mediasi sehingga akan muncul hakim-hakim mediator yang handal.

    

Dr. H. Mukhtar Zamzami, SH., M.Hum (Hakim Agung) yang didampingi oleh Dra. Hj. Zubaidah Hanom, SH (Hakim Tinggi) sedang memberikan materi Bimtek Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim

Kegiatan Bimtek yang kedua yang dilaksanakan oleh PTA Pekanbaru yakni Bimtek Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim Pengadilan Agama Se-Wilayah Hukum PTA Pekanbaru. Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Aston di Kota Tanjung Pinang ibu kota Propinsi Kepulauan tersebut dimulai pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2012 sampai dengan hari jum’at 30 Maret 2012. Kegiatan tersebut diikuti 46 orang peserta yakni pimpinan dan hakim Pengadilan Agama 38 orang dan hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru 8 orang sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Drs. Pelmizar, M.HI.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Bimtek tersebut  mengatakan bahwa kode etik dan pedoman perilaku hakim harus tertanam di dalam jiwa para hakim dan kegiatan ini sebagai wadah bagi para hakim untuk memperdalam hal tersebut.

Adapun sebagai narasumber/ fasilitator dalam kegiatan Bimtek Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim tersebut adalah Dr. H. Mukhtar Zamzami, SH., M.Hum Hakim Agung Mahkamah Agung RI dan dari unsur pimpinan serta hakim tinggi PTA Pekanbaru. Adapun materi bimtek kode etik dan pedoman perilaku hakim antara lain (1) Kode etik dan PPH menurut syari’at Islam (2) Kilas balik kode etik dan PPH (3) Kode etik dan PPH (4) Sanksi dan fungsi kode etik PPH dan (5) Simulasi kode etik dan PPH.

Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali para hakim terutama para hakim-hakim yang baru diangkat akan kode etik dan pedoman perilaku hakim sehingga ke depan akan mampu menjadi seorang hakim yang profesional. (Khaidir, S.HI/ Tim IT PTA Pekanbaru). {jcomments on}