www.ptapekanbaru.net

Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru digelar kegiatan Sosialiasi Hasil Bimtek Kompetensi Hakim kepada seluruh Hakim Tinggi dan pejabatat struktural dan fungsional di lingkungan PTA Pekanbaru (3 April 2012).  Adapun yang menjadi narasumber/ fasilitator dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH dan Hakim Tinggi Drs. Pelmizar, M.HI. Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan bimtek yang telah diikuti oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru  Drs. H. Armia Ibrahim, SH pada bulan Februari 2012 di Tanggerang  dan Drs. Pelmizar, M.HI pada bulan Maret di Bandung.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi seluruh hakim tinggi, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh staf PTA Pekanbaru baik itu bidang kepaniteraan maupun dibidang kesekretariatan dalam rangka untuk melakukan pembinaan dan pengawasan ke Pengadilan Agama Se-Wilayah Hukum PTA Pekanbaru yang akan mulai pada bulan April ini.

Diharapkan dalam memberikan pembinaan dan pengawasan nanti tidak ditemukan lagi kesalahan-kesalahan yang fatal baik dibidang perkara maupun administrasi serta satu kata dan satu bahasa dalam menyampaikan perbaikan-perbaikan terhadap permasalahan yang dijumpai dalam melakukan pembinaan dan pengawasan.

  

 Disisi lain kedua narasumber/ fasilitator tersebut menekankan agar tim yang akan melakukan pembinaan dan pengawasan Pengadilan Agama Se-Wilayah Hukum PTA Pekanbaru untuk memperluas aspek pembinaan. Sebagaimana yang dikemukakan Drs. Pelmizar, M.HI bahwa aspek non yudisial pun hendaknya jangan sampai luput dari pembinaan dan pengawasan kita. Seperti (1) Website PA apakah sudah memenuhi standarisasi yang telah ditetapkan oleh Badilag dengan 47 kriteria yang harus ada di website PA tersebut (2) Pelaksanaan Siadpa Plus di PA apakah sudah berjalan atau belum dan apabila belum berjalan apa yang menjadi kendalanya (3) Pelayanan Publik dan Meja Informasi apakah sudah ada dan berjalan dengan baik atau tidak. Ketiga hal tersebut harus menjadi perhatian bagi tim yang akan melakukan pengawasan ke daerah dan akan ditindaklanjuti oleh PTA Pekanbaru ke depannya.

Kegiatan Sosialisasi Bimtek Kompetensi Hakim kepada jajaran Hakim Tinggi, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh staf pada Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru disambut antusias oleh para peserta. Karena pembekalan-pembekalan seperti ini sebelumnya tidak pernah dilakukan dan kedepan diharapkan pembinaan dan pengawasan Pengadilan Agama Se-Wilayah Hukum PTA Pekanbaru dalam terlaksana dengan baik dan dalam rangka terwujudnya Peradilan Agama yang Agung di Propinsi Riau dan Kepulauan Riau. (Khaidir/ TIM IT PTA Pekanbaru). {jcomments on}