Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Selasa, 12 April 2022, Kultum Ramadhan Musholla Al Mahkamah disampaikan oleh Sekretaris PTA Pekanbaru Mukti Ali, S.Ag., MH dihadapan seluruh jema’ah Sholat Zhuhur Musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru.

Tema yang disampaikan pada kutum hari ini yakni “Puasa Ramadhan Menjemput Taqwa”. Proese puasa untuk menjemput taqwa yakni :

  1. Pengertian Tawadhu' adalah rendah hati, tidak sombong. Pengertian yang lebih dalam adalah kalau kita tidak melihat diri kita memiliki nilai lebih dibandingkan hamba Allah yang lainnya. Orang yang tawadhu' adalah orang menyadari bahwa semua kenikmatan yang didapatnya bersumber dari Allah SWT
  2. Qana’ah. Qanaah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Orang yang memiliki sifat qana'ah memiliki pendirian bahwa apa yang diperoleh atau yang ada didirinya adalah kehendak Allah .
  3. Wara’. Wara' menurut beberapa ulama yang sudah mereka simpulkan merupakan menahan diri dari hal yang belum atau samar pasti apa hukum melakukan hal tersebut (haram atau makruh).
  4. Orang yang berhasil melaksanakan ibadah puasa, maka akan bertambah yakin kepada Allah.

Ditengah kehidupan masyarakat, orang yang menjalan keempat hal tersebut diatas, maka akan disenangi oleh masyarakat.

Allah memberikan jaminan kepada hambanya yang telah sampai pada tahap taqwa, yakni Allah akan memberikan jalan keluar dari segala kesusahan dan Allah akan berikan rezeki yang tidak di duga-duga.

Semoga kultum kali ini dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dan kita masuk kedalam hamba Allah yang bertaqwa. Aamiin.