Acara Pembukaan Seminar Di Ruang Sidang Utama PTA Pekanbaru

Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru menjadi pusat kegiatan acara seminar dalam rangka memeriahkan peringatan seperempat abad berdirinya PTA Pekanbaru, Kamis, 22/11/2012. Adapun yang menjadi tema dalam acara seminar tersebut adalah “Penetapan Nasab Anak Di Luar Pernikahan Yang Sah Ditinjau Dari Syari’at Islam & Peraturan Perundang-Undangan”. Sebagai narasumber dalam acara seminar tersebut adalah Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum (Hakim Agung Mahkamah Agung RI) dan Prof. Dr. H. Mahdini, MA (Dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru).

Dari Kiri Gambar: Prof. Dr. H. Mahdini, MA (Narasumber), Dr. H.M. Sutomo, SH., MH (Moderator),
Prof. Dr. H. Abdul Manan, , S.H., S.IP., M.Hum (Narasumber)

Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH sebagai Ketua Panitia menyampaikan laporan diantaranya bahwa peserta seminar dihadiri oleh seluruh ketua dan wakil ketua sewilayah hukum PTA Pekanbaru dan diikuti oleh para praktisi hukum, ormas Islam dan organisasi wanita yang ada di Propinsi Riau. Kegiatan acara seminar ini dibuka secara resmi oleh Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, SH., MA.

Penyampaian makalah dibagi kepada dua sesi, sesi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum dengan judul makalah “Kronologis dan Tindaklanjut Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor. 46/PUU-VIII/2010”. Adapun sesi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. H. Mahdini, MA dengan judul makalah “Kedudukan Anak Zina Dalam Persfektif Hukum Islam” dengan dipandu oleh seorang moderator Dr. H. M. Sutomo, S.H., M.H (Hakim Tinggi PTA Pekanbaru).

  

Para Peserta Antusias Mengikuti Materi yang Diberikan Oleh Narasumber

Antusias para peserta seminar untuk menggali lebih dalam terhadap makalah yang disampaikan oleh kedua narasumber tersebut sangat tinggi.  Hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta kepada kedua narasumber.

Diharapkan dengan kegiatan seminar ini dapat menambah wawasan pengetahuan terutama bagi para hakim dan sekaligus memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi para hakim terkait tema yang diangkat. (Khaidir, S.HI/ Tim IT PTA Pekanbaru).{jcomments on}