Dari Kiri: KPA Tembilahan (Drs. Moh. Nur, MH), Waka PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH) Waka PA Tembilahan (Drs. Nusirwan, SH., MH)

Sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI, PTA Pekanbaru terus menurus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pengadilan Agama dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru baik itu secara rutin, berkala maupun bersifat isedentil. Tidak luput pula Pengadilan Agama Tembilahan, Rengat dan Pangkalan Kerinci yang menjadi target pembinaan yang langsung dilakukan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH (5 s/d 8 November 2013). Dipilihnya tiga Pengadilan Agama tersebut karena merupakan satu rangkaian perjalanan antara satu dengan yang lainnya. Disamping itu juga belum pernahnya Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH melakukan pembinaan secara langsung ke 3 (tiga) PA tersebut.

Waka PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH langsung memeriksa arsip Berkas Perkara PA Tembilahan

Pembinaan yang dilakukan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH terhadap ketiga PA tersebut dengan memeriksa arsip putusan apakah sudah sesuai isi dan blanko yang digunakan dengan Surat Edaran Dirjen Badan Peradilan Agama. Kemudian tidak lepas yang menjadi objek pembinaan oleh Waka PTA Pekanbaru adalah keuangan perkara, yang banyak terdapat perbedaan persepsi antara satu dengan yang lainnya yang perlu diluruskan.

Dari Kiri: Drs. Abd. Hamid (Panitera/Sekretaris PA Rengat), Drs. H. Armia Ibrahim, SH (Waka PTA Pekanbaru), Drs. Efrizal, SH., MH (KPA Rengat)

Tidak cukup itu saja, Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH dalam pertemuan dengan seluruh jajaran PA Tembilahan, Rengat dan Pangkalan Kerinci menyampaikan beberapa point penting untuk dapat diterapkan antara lain:

Pertama, bahwa kantor Pengadilan Agama adalah merupakan kantor pelayanan. Oleh karena itu kita harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah para pencari keadilan. Jangan sekali-kali kita minta dilayani, berhati-hatilah dalam bekerja dan bekerjalah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kedua, bahwa kita semua adalah satu keluarga besar baik itu yang menjalani tugas pokok maupun yang menjalani tugas penunjang. Oleh karenanya tidak boleh ada ego sektoral, yang satu merasa penting sedangkan yang lainnya tidak. Akan tetapi semuanya sama-sama penting, saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. Tidak boleh 'satu bermata air' dan yang lainnya 'berair mata'.

Waka PTA Pekanbaru langsung memberikan pembinaan terhadap  keuangan perkara di PA Rengat

Berkaitan dengan tugas pokok maka yang diperlukan adalah (1) Bukan hanya selesai tetapi hasilnya harus terbaik (kualitas putusan terbaik), (2) Putusan PA harus menarik dalil-dalil syar’I disamping aturan hukum yang ada, (3) Tepat waktu dengan mengacu kepada SOP dan SOPnya adalah hukum acara, (4) Hakim nyaris tidak boleh salah, oleh karena itu perlu kehati-hatian dan ketelitian.

Untuk tugas penunjang (kesekretariatan) antara lain validasi data SIMPEG, Website yang sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan, program Siadpa Plus berjalan sebagaimana mestinya, SIMAK BMN dan lain sebagainya.

Ketiga, untuk bekerja secara efektif dan efesien maka ada 5 syarat yang harus dilakukan: (1) Bekerjalah sesuai dengan rencara (rencana program lengkap dengan organisasi pelaksananya), (2) Jangan menunda-nunda pekerjaan, karena akan pekerjaan menjadi menumpuk, (3) Gunakan staf untuk membantu anda dalam bekerja (bagi habis tugas sesuai dengan job description), (4) Gunakan catatan untuk membantu otak, (5) Simpan sesuatu ditempatnya dan beri catatan (pola kearsipan).

Pembinaan langsung Waka PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH Terhadap arsip berkas perkara di PA Pangkalan Kerinci

Dalam kesempatan itu juga beliau menyampaikan kiat-kiat menghadapi pekerjaan antara lain (1) Klafikasi pekerjaan yang kita hadapi (sangat penting, penting, biasa) maka dahulukan pekerjaan yang bersifat biasa baru yang lainnya agar tidak terkuras energi untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya. (2) Untuk menghindari kelelahan mental salah satu diantaranya hindari banyak berkas yang tidak perlu di atas meja.

Waka PTA Pekanbaru langsung memberikan pembinaan terhadap keuangan perkara di PA Pangkalan Kerinci

Pembinaan yang dilakukan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH sangat memberikan kesan yang mendalam bagi PA Tembilahan, Rengat dan Pangkalan Kerinci. Ucapan terima kasih dan sekaligus harapan agar dilain waktu Wakil Ketua PTA Pekanbaru berkenan kembali datang untuk memberikan pembinaan kembali. (Khaidir, S.HI/ Tim IT PTA Pekanbaru).

{jcomments on}