alt
Gambar : Layout Login Aplikasi SIADPTA PLUS

Pekanbaru || www.pta-pekanbaru.go.id

Aplikasi SIADPTA Plus mempunyai arti penting demi terlaksananya pola bindalmin secara efektif, cepat dan akurat dari penerimaan sampai pelaporan hingga pengarsipan guna mendukung pelaporan sistem paperless. Untuk mewujudkan reformasi birokrasi di pengadilan antara lain dengan mempercepat proses kerja dan modernisasi administrasi melalui otomatisasi di bidang administrasi perkara.

Berhubung komputer Server PTA Pekanbaru sudah siap diinstal aplikasi SIADPTA Plus versi yang terbaru 0.241, maka aplikasi tersebut sudah siap untuk diimplementasikan dan segera disosialisasikan kepada para penggunannya baik itu dari sektor Hakim Tinggi, Panitera Pengganti dan para user/operator lainnya terkhusus di bidang kepaniteraan ujar “Januardi, S.Kom (salah seorang pegawai baru PTA Pekanbaru selaku Admin SIADPTA Plus yang sebelumnya bekerja sebagai staf IT di PA Bengkalis).

Pada saat implementasi aplikasi tersebut terdapat permasalahan dalam penggunaannya, maka kendala tersebut bisa di sampaikan kepada admin penanggung jawab SIADPTA Plus. Aplikasi SIADPTA Plus tersebut masih dalam tahap pengembangan juga kearah yang lebih sempurna lagi oleh Timnas Badilag.

Dalam implementasi aplikasi SIADPTA Plus tersebut perlu adanya support, bimbingan dan pengawasan dari KPTA Pekanbaru (Drs.H.Mahyidin Usman, SH.,MH), WAKA PTA Pekanbaru (Drs. H. Armia Ibrahim, S.H), Panitera/Sekretaris PTA Pekanbaru (Drs. Syafruddin) beserta user (pengguna) lainnya demi kelancaran dalam mengimplementasikan aplikasi tersebut.

Secara konsep dalam penerapan aplikasi SIADPTA Plus ini ibarat seperti mata rantai yang saling terkait antara satu dengan yang lain baik itu dari segi ke validan datanya, karena ketika satu data saja yang di input oleh seorang user salah maka akan berimbas kesalahan pada data yang lainnya, sama halnya dalam penerapan aplikasi SIADPA Plus yang sudah dikenal dari dahulunya.

alt
Gambar : Layout aplikasi SIADPTA Plus setelah melakukan Login

Implementasi aplikasi ini adalah langkah awal kemajuan PTA Pekanbaru dalam implementasi SIADPTA Plus karena masih banyak Pengadilan Tinggi Agama yang belum menggunakan aplikasi tersebut. Semoga dalam implementasi aplikasi SIADPTA Plus ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapakan baik dari penerimaan perkara maupun pembuatan Berita Acara Sidang (BAS), Putusan, Keuangan Perkara dan Pengarsipan perkara.

 (Redaksi PTA Pekanbaru)

{jcomments on}