Pembukaan acara Rakor dan Sinkronisasi program pengelolaan zakat di Provinsi Riau tahun 2015
 

Pekanbaru || www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di aula Kementerian Agama Provinsi Riau digelarnya acara Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkroninasi Program Pengelolaan Zakat di Provinasi Riau Tahun 2015. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekeretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau , Kepala Kanwil Kemenag Riau, Kepala Bagian, Kepala Sekesi Kemanag Riau, Ketua UPZ Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru Nurjasman, BA dan UPZ (Unit Pelayanan Zakat) Se Provinsi Riau dalam kota Pekanbaru (24/03/15).

Acara berlangsung pada pukul 09.00 wib, dibuka oleh ketua panitia kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kanwil Kemenag, ia menyatakan zakat sangat berfungsi sekali untuk mengurangi kemiskinan. Selain itu penerimaan zakat se Provinsi Riau ini selalu meningkat dapat dilihat pada tahun 2012 terkumpul zakat sebesar 9 milyar lebih, begitu juga pada tahun 2013 mengalami peningkatan menjadi 21 miliayar lebih, sedangkan pada tahun 2014 meningkat secara drastis zakat terkumpul sebanyak  34 miliyar lebih.

Dengan diadanya acara ini dapat menyatukan presepsi dan mensosialisasikan dalam pengumpulan zakat se Provinsi Riau, acara Rakor dan Sinkronisasi program pengelolaan zakat ini perdana diadakan oleh Provinsi Riau. Selain itu harapannya semoga kedepan acara seperti ini akan terus berlanjut agar dapat mengoptimalkan dalam pengumpulan zakat.


Suasana jalannya acara di aula Kementeriaan Agama Provinsi Riau

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Sekda Provinsi Riau selaku yang mewakili Gubernur Riau, dalam sambutanya ia mengutarakan zakat merupakan suatu ajaran pokok dalam islam dan selalu bersamaan dengan perintah sholat. Selain itu zakat merupakan wujud untuk mengurangi angka kemiskinan dan dapat membentengi agama islam, selanjutnya ia berharap semoga zakat ini terus ditingkatkan dan dikelola secara profesional sehingga dapat mencapai sasaran kinerja yang optimal.

Usai penyampain dari Sekda Provinsi Riau tersebut, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada UPZ se provinsi riau, pengahargaan tersebut dibagi menjadi 3 katergori diantaranya:  dari kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, The Best of Muzaki, The Best of Fundraising Zakat.

Dalam pemberian pengahargaan tersebut PTA Pekanbaru meraih 3 penghargaan dalam 3 kategori yang telah ditentukan oleh panitia diantaranya :

1. Piagam penghargaan kepada UPZ PTA Pekanbaru yang memperoleh juara I Top Three UPZ  priode tahun 2015 dari Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau

2. Piagam penghargaan kepada UPZ PTA Pekanbaru yang memperoleh juara II Top Three UPZ  priode tahun 2015 dengan kategori The Best of Muzaki

3. Piagam penghargaan kepada UPZ PTA Pekanbaru yang memperoleh juara II Top Three UPZ priode Tahun 2015 dengan ketegori The Best of Fundraising Zakat.


Ketua UPZ PTA Pekanbaru menerima 3 piagam penghargaan

3 piagam tersebut diterima oleh Nurjasman, BA selaku Ketua UPZ PTA Pekanbaru priode 2013 s/d 2016, usai pemberian penghargaan acara dilanjutkan dengan expose pengelolaan zakat dari Badan Amil Zakat (BAZ)  tanpa terasa acara berakhir pada pukul 15.15 wib.

 

(Tim Redaksi PTA Pekanbaru)