Selatpanjang || www.pa-selatpanjang.go.id

Petugas kegiatan Ramadan yang dilaksanakan pada waktu zuhur di Mushalla PA Selatpanjang pada hari Senin, tanggal 22 Juni 2015, adalah Eka Siswanto, A.Md. sebagai Muazzin, Hendra Saputra, A.Md. sebagai protokol dan Yengkie Hirawan, S.Ag., M.Ag. sebagai Penceramah.

alt

Penceramah mengupas mengenai hubungan antara ibadah puasa dengan perolehan prediket muttaqin. Ia menyampaikan bahwa taqwa adalah pengetahuan hati untuk mendekatkan diri kepada Allah. Taqwa juga berarti sama dengan ihsan, yaitu engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika kamu tidak dapat melihat-Nya, maka yakinlah bahwa Ia melihatmu. Kenapa ibadah puasa sangat dekat dengan ketaqwaan? Penyebabnya adalah karena ibadah puasa adalah ibadah bathiniyyah dan rahasia sehingga tidak seorangpun yang mengetahui dan dapat mengukurnya kecuali hanya Allah Swt. Oleh karenanya, seorang yang mampu berpuasa dengan sebenarnya, berarti ia yakin betul bahwa Allah Swt memerhatikan seluruh ucapan dan gerak-geriknya. Inilah orang yang bertaqwa. Sebab ketinggian nilainya itu, Allah menyatakan bahwa Ia sendiri yang akan membalasnya, tanpa menjelaskan ukurannya.

Penceramah menambahkan, apabila pola ibadah puasa yang bersifat bathiniyah dan rahasia ini mampu dilaksanakan dengan baik dan sebenarnya oleh seorang muslim, maka besar kemungkinan pola ibadah ini akan berdampak kepada ucapan dan tindakannya pada bagian lain dalam menjalani kehidupannya, dimana ia selalu merasa diawasi oleh Allah Swt, sehingga seluruh amalannya ia dedikasikan untuk Allah Swt tersebut.

{jcomments on}