Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Senin, 29 Oktober 2018, bertempat di halaman Kantor Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 90 Tahun 2018 yang diikuti oleh seluruh personil PTA Pekanbaru. Pelaksanaan upacara dilaksanakan sebagai tindaklanjut surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 tanggal 25 Oktober 2018 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018, dan tindaklanjut Surat Edaran dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Nomor : 10.15.1/MENPORA/DII/X/2018 tanggal 15 Oktober 2018 tentang Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018.

Upacara dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Dalam amanat pembina upacara, dibacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Yang isinya antara lain mengenai tema Hari Sumpah Pemuda ke 90 yakni Bangun Pemuda Satukan Indonesia. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indoensia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari Hoax, Hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewaasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batastembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Pelaksanaan upacara memperingati Hari Lahir Sumpah Pemuda di PTA Pekanbaru berjalan dengan khidmat. Semua petugas dan peserta upacara mengikuti jalannya upacara dengan tertib. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 90, semoga pemuda-pemudi Bangsa Indoensia selalu dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan bangsa. (Humas PTA Pekanbaru)