Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Ditengah Pandemi Covid-19, PTA Pekanbaru tetap melaksanakan tugasnya sebagai pengadilan tingkat banding dalam hal pendampingan dan evaluasi pembangunan Zona Integritas dengan Pengadilan Agama yang berada dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru. Sebagaimana yang diinstruksikan dalam surat dari Dirjen Badilag Nomor 1708/DJA/HM.01/5/2020 tentang Rekapitulasi Penilaian Mandiri Pembangunana Zona Integritas Pada Pengadilan di Lingkungan Peradilan Agama Sebagai Bahan Pembinaan pada tanggal 5 Mei 2020 dan surat tugas Ketua PTA Pekanbaru Nomor No W4-A/1141/KP.04.6/5/2020 tanggal 12 Mei 2020.

Pendampingan dan evaluasi ini dilaksanakan mulai tanggal 8 s.d 29 Mei 2020. dalam hal ini pembinaan ditengah pandemi Covid-19 tidak dilaksanakan dengan langsung terjun ke lapangan, melainkan dengan memanfaatkan TI dan peralatan TI yang telah mendukung di PTA Pekanbaru maupun di PA dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru. Pembinaan secara virtual meeting dilaksanakan mulai tanggal 12 s.d 20 Mei 2020. PA yang didampingi dan dievaluasi yakni PA Pekanbaru, PA Batam, PA Tanjungpinang, PA Bangkinang, PA Dabo Singkep, PA Siak Sri Indrapura, PA Bengkalis, PA Selatpanjang, PA Tembilahan, PA Natuna, PA Pasir Pengaraian, PA Ujung Tanjung dan PA Pangkalan Kerinci.

Pendampingan ini sekaligus diisi dengan menyampaikan hasil evaluasi yang dilakukan berdasarkan KMA 58 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya. Dari hasil evaluasi, diminta kepada PA untuk memperbaiki eviden-evidennya sebelum PTA Pekanbaru mengirimkan hasil evaluasi ke Dirjen Badilag pada tanggal 29 Mei 2020.