Berita PA Bengkalis || www.pa-bengkalis.go.id

Senin, 13 September 2021 Bertempat di ruang kesekretariatan Pengadilan Agama Bengkalis Syahrani, S.E.Sy., selaku Operator SIMAK BMN, Saududdin Ihsan, selaku Operator SAIBA, beserta Idham Khalid, S.E.Sy., selaku PPSPM Pengadilan Agama Bengkalis, kembali mengikuti Acara Pelaksanaan Technical meeting dan EUT SAKTI 2021 Modul Pelaporan pada aplikasi SAKTI yang akan mulai digunakan pada Tahun Anggaran 2022. Pengadilan Agama Bengkalis mengikuti kegiatan yang diadakan oleh KPPN Dumai secara Daring melalui aplikasi Zoom sebagaimana maksud surat undangan Nomor : Und-28/WPB.04/KP.02/2021 tanggal 01 September 2021. Dimana minggu lalu Pengadilan Agama Bengkalis, selama 5 hari penuh telah mengikuti Pelaksanaan Technical meeting EUT SAKTI Modul Pelaksanaan.

 

SAKTI (Sistim Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi), dimana End User Training (EUT) aplikasi SAKTI yaitu aplikasi keuangan yang di buat oleh Kementrian Keuangan RI. Aplikasi baru ini bertujuan untuk mempermudah pengajuan dan pencatatan keuangan untuk seluruh satuan kerja yang berafiliasi dengan negara. Hal ini lah yang menjadi dasar diadakannya training untuk operator aplikasi SAKTI yang wajib diikuti oleh seluruh satuan kerja.

Kegiatan ini berupa sosialisasi terkait persiapan SDM dan aplikasi SAKTI yang akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi nanti seperti RKAKL, SPM, SAIBA akan include dalam menjadi satu aplikasi yakni SAKTI terintegrasi.

Acara yang rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari penuh, dari tanggal 13 s.d 17 September 2021, dimulai pada pukul 08.00 WIB s.d Selesai dan dikuti seluruh Satker Non Kemenkeu Mitra kerja KPPN Dumai. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka persiapan implementasi Sakti Full Module yang diawali dengan pembuatan SPM Gaji induk Januari 2022. Persiapan teknis seperti pemeriksaan kelengkapan  User dan keatifan OTP Pejabat. EUK SAKTI Modul Pelaporan yang meliputi modul Aset, Persediaan, Piutang dan Pelaporan akan diselenggarakan secara online kepada seluruh satker (di luar satker Kemenkeu). Pelatihan dan simulasi ini diikuti oleh Pengelola Keuangan Pengadilan Agama Bengkalis, guna meningkatkan pemahaman dan proses kerja operator keuangan terhadap penggunaan Aplikasi SAKTI di Pengadilan Agama Bengkalis.

 *** (Redaksi PA Bengkalis)***