Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

PTA Pekanbaru dan 4 (empat) satker yang berada dalam wilayah hukum PTA Pekanbaru yakni PA Pekanbaru, PA Batam, PA Ujungtanjung dan PA Siak Sri Indrapura, dan 2 (dua) satker yang diusulkan untuk evaluasi WBK yakni PA Selatpanjang dan PA Dumai sebagaimana tertuang dalam surat dari Direktur Jenderal Badilag Nomor 2328/DjA/OT.01.1/8/2021 tanggal 3 Agustus 2021 perihal Persiapan Penilaian Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM. Salah satu usaha untuk dapat mewujudkan ZI menuju WBK dan WBBM, maka dilaksanakan pendampingan Pendampingan ZI menuju WBK dan WBBM oleh Dr Jeanny HV Hutauruk, SE., SH., MM., Ak., CA Widyaiswara Ahli Utama pada Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI pada hari Selasa tanggal 14 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh Hakim Tinggi, Panitera dan pejabat struktural PTA Pekanbaru, Ketua, Sekretaris, Panitera dan Ketua area dari PA yang akan menuju WBK dan WBBM. Acara dilaksanakan di Aula Utama PTA Pekanbaru.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung dan pembacaan do’a. Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Sutomo, SH., MH. Beliau mengucapkan terimakasih atas kehadiran Ibu Jeanny sebagai narasumber yang akan melakukan pendampingan dan pembekalan sukses menuju pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Tak lupa ucapan terimakasih kepada Ketua, Panitera, Sekretaris dan Ketua Area dari PA yang hadir dalam kegiatan ini. Semoga pertemuan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga memberikan hasil yang bermanfaat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pembangunan ZI dari Ibu Jeanny. Beliau mengawali dengan memberikan informasi bahwa pentingnya melakukan persiapan menuju WBK dan WBBM, mengetahui hal apa saja yang akan menjadi penyebab kegagalan sehingga dapat dihindari. Apabila ingin mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, maka harus ada kerja keras. Beliau mempersilahkan ketua area untuk mempresentasikan area masing-masing secara bergantian dari tiap satker yang hadir. Dari hasil presentasi yag telah beliau dengar, beliau memberikan tanggapan dan masukan trik dan tips presentasi untuk kesempernuaan. Salahsatunya yakni mengenai waktu presentasi yang tidak boleh melebihi batas waktu yang telah ditentukan, dan jangan menyebutkan kata bimbang yang tidak bisa diukur seperti kata mungkin/ barangkali, karena sangat berpengaruh pada penilian nantinya. Presentasi dari ketua area ini menjadi gambaran dan masukan untuk Ketua PTA dan Ketua PA dalam presentasi pembangunan ZI nantinya.

Semoga dengan adanya pendampingan ini, PTA Pekanbaru dan satker yang sedang berjuang meraih WBK dan WBBM dapat berhasil mewujudkannya.