Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021 ba’da sholat Ashar, seperti biasanya dilaksanakan kultum di Musholla Al Mahkamah PTA Pekanbaru. Tampil sebagai pemateri yakni Drs. H. M. Yunus Rasyid, SH., MH Hakim Tinggi PTA Pekanbaru. Kultum diikuti oleh jema’ah sholat Ashar di Musholla Al Mahkamah yakni personil PTA Pekanbaru.

Judul Kultum yang disampaikan yakni Dengan Menjaga Qalbi/hati Agar Ditetapkan Iman. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599). Terdapat empat macam hati yang disebutkan oleh baginda Rasulullah SAW.

Pertama, Qalbun Ajrad (hati yang murni), yaitu hati laksana lentera yang memancarkan cahaya. Hati ini membuka pintu-pintunya untuk mendengar dan menerima kebenaran (alhaq).

Kedua, Qalbun Aghlaf, hati yang keras dan tertutup untuk menerima kebenaran dan petunjuk dari Allah. Ia disebut juga sebagai Qolbun Mayyit (hati yang mati) karena tidak mengenal dan mengakui Allah sebagai Tuhannya.

Ketiga, Qalbun Mankus (hati yang terbalik). Yaitu hati orang-orang munafik. Hati ini sebetulnya mengetahui kebenaran, akan tetapi ia berbuat inkar.

Kempat Qalbun Maridh (hati yang sakit). Yaitu, hati yang di dalamnya terdapat dua unsur sekaligus, keimanan dan kemunafikan. Kedua unsur ini saling tarik-menarik sehingga terkadang hati tersebut condong dan dekat kepada keimanan dan terkadang kepada kekufuran.

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mempunyai tipe hati yang pertama, yaitu hati yang murni dan sehat.

Semoga kultum yang disampaikan dapat dijadikan ilmu yang bermanfaat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, dan kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang beriman. Aamiin.