Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Jum’at, 3 Desember 2021, setelah selesai melaksanakan sholat Ashar berjama’ah, dilaksanakan tausiah yang disampaikan oleh Drs. Abdul Hamid. Tema yang disampaikan yakni mengenai “Menggunakan Waktu”.

Sesuai dengan tema, salah satu surat didalam Al Qur’an yang berkaitan dengan waktu yakni surat Al Ashr. Arti dari tiap ayat dalam surat Al Ashr yakni :

  1. Demi masa.

Arti surat Al Ashr yang pertama adalah Allah SWT bersumpah dengan menyebut masa. Masa sendiri memiliki makna yaitu waktu. Bila Allah SWT bersumpah dengan makhluknya, maka menjadi suatu isyarat bagi Rasulullah dan orang beriman.

  1. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.

Pada ayat kedua menjelaskan bahwa ada banyak manusia dalam keadaan merugi. Karena ada banyak manusia yang tidak memanfaatkan kehidupan di dunia dengan baik, seperti yang sudah ditunjukkan oleh agama. Banyak orang hanya sibuk menikmati dunia dan menuruti hawa nafsu. Padahal di dunia ini hanya sementara dan hanya akhirat yang kekal.

  1. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Makna dari ayat ketiga pada surat Al Ashr, dijelaskan bagaimana cara agar tidak menjadi orang yang rugi. Ada tiga syarat yang tertulis di dalam arti surat Al Ashr, yaitu beriman dan beramal saleh, saling menasihati mengenai kebenaran, serta saling menasihati mengenai kesabaran.

Celakalah bagi manusia yang menyia-nyiakan waktunya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Surat Al Ashr juga mengajarkan kepada kita jika tidak memanfaatkan waktu untuk hal yang berguna maka hanya akan menjerumuskannya pada kerugian.

Jangan sampai kita masuk kedalam golongan orang yang merugi, oleh sebab itu kita haru smenggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangnlah bermalas-malasan dalam beribadah. Semoga kita diselamatkan daei azab api neraka.